Tips Desain Kamar Mandi yang Bersih, Nyaman, dan Indah

Tips Desain Kamar Mandi yang Bersih, Nyaman, dan Indah - Gaya hidup metropolitan yang dinamis sangat berpengaruh terhadap kreativitas seseorang. Demikian halnya dengan kreativitas menata rumah dan isinya. Menata taman, ruang tamu, ruang keluarga, sampai kamar mandi semuanya dihadirkan dalam satu konsep tertentu. Untuk seseorang yang telah lelah berkegiatan di tengah sesaknya kota metropolitan, rumah adalah tempat yang paling dinantikan untuk kembali. Aktivitas membersihkan diri, adalah lumrah, kalau tidak bisa disebut yang utama. Di sinilah kreativitas menata kamar mandi menjadi sangat penting. Kamar mandi yang indah, bersih, dan nyaman bisa membuat pikiran rileks.
Tips Desain Kamar Mandi yang Bersih, Nyaman, dan Indah
Dalam perkembangannya, fungsi kamar mandi tidak hanya sebagai tempat untuk membersihkan diri. Kini, beragam aktivitas bisa dilakukan di kamar mandi, termasuk membaca, menelepon ataupun berias. Karenanya, keberadaan kamar mandi tidak lagi berada di bagian belakang rumah. Posisi kamar mandi saat ini sangat beragam. Selain menyatu dengan kamar tidur, ada juga yang mendesain letaknya berdekatan dengan ruang tamu atau ruang keluarga. Dengan letaknya yang tidak lagi berada di bagian belakang rumah, maka perlu adanya penampilan kamar mandi yang indah, nyaman, bersih, dan wangi.

Selain itu, banyak pula yang merancang kamar mandi dengan menyatukannya dengan area pakaian, sekaligus sebagai tempat berias diri. Keberadaan kamar mandi tidak lagi menjadi bagian dari area yang harus ditutup-tutupi. Untuk mendapatkan kamar mandi nan elegan sesuai selera, sudah pasti kita harus mengeluarkan dana tidak sedikit. Jadi, supaya dana yang keluar tak sia-sia, rancang kamar mandi Anda dengan seksama.

Pertama, pengaturan atak atau layout kamar mandi perlu diperhatikan. Sebab, hal itu akan berpengaruh terhadap suasana kamar mandi. Untuk menambah suasana teduh, anda bisa juga menghadirkan taman di kamar mandi.

Taman tersebut bisa dirancang dengan menghadirkan atap pergola yang ditutup dengan kawat nyamuk, sehingga sirkulasi udara tetap dapat mengalir. Selain itu, cahaya yang masuk ke dalam ruang kamar mandi dari atas bisa menciptakan efek cahaya yang cukup unik. Dengan demikian, relaksasi si pemakai akan merasa benar-benar terpenuhi bila berada di kamar mandi. Ini karena adanya air hujan yang langsung jatuh ke taman. Suara air hujan inilah yang bisa dijadikan sebagai terapi.

Perhitungan desain kamar mandi tidak hanya berhenti pada pengaturan atak semata. Melainkan juga menyangkut pilihan materi. Pilih materi yang bisa membuat kamar mandi bak sebuah resor. Untuk kepraktisan perawatan, pilih lantai bernuansa warna hitam. Anda bisa pilih materi granit bakar.

Sedangkan untuk dinding bisa menggunakan warna mocca cream. Sebagai area berelaksasi, di depan area bath up juga dapat ditampilkan vas-vas bunga yang ditata di atas ambalan dari materi marmer yang menempel pada dinding. Untuk melengkapi kesempurnaan rancangan kamar mandi, gunakan pencahayaan dengan memakai daylight, sinar alami pada siang hari. Untuk pencahayaan tambahan hallogen hanya difokuskan pada bagian-bagian penting, seperti area wastafel atau area artwork. Lihat juga Dekorasi Keramik Kamar Mandi.